Kamis, 08 Oktober 2015

Skripsi Geografi

PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI POKOK BAHASAN HIDROSFER DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEHIDUPAN DI SMP NEGERI 1 KABUPATEN XYZ

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah
Kegiatan proses pembelajaran akan berhasil jika ditunjang oleh metode yang relevan sehingga akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Jika metode belajar yang digunakan tidak sesuai dengan kondisi kelas dan materi yang disajikan, sulit bagi siswa untuk mencapai prestasi yang diinginkan.

Berdasarkan ketentuan Kurikulum untuk SMP, banyak metode pengajaran yang relevan dan efektif untuk mata pelajaran dan setiap pokok bahasan. Guru sebagai pengajar yang berhadapan langsung dengan siswa harus dapat menerapkan metode belajar tersebut. Kenyataan di lapangan, khususnya di SMP yang ada di Kab. XYZ, masih banyak guru yang hanya mengandalkan metode ceramah atau penyampaian informasi dalam menyajikan pelajaran, padahal banyak sekali metode mengajar yang dapat digunakan, diantaranya adalah metode problem solving. Guru-guru di SMP pada umumnya jarang sekali menerapkan metode problem solving ini, padahal metode tersebut juga salah satu metode yang disarankan dalam Kurikulum KTSP. Sebenarnya metode problem solving tidak hanya untuk memecahkan soal tetapi juga menyangkut penanaman konsep-konsep tertentu sebelum pemecahan soal.

Proses pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dengan guru atau sebaliknya. Salah satu metode yang dapat membuat siswa kreatif dari mencari masalah, memecahkan masalah dan menarik kesimpulan adalah metode problem solving.
Metode problem solving dikenal dengan istilah mencari masalah dan memecahkannya. Metode problem solving sangat baik bagi siswa karena mengajarkan siswa lebih kreatif. Problem solving menuntut siswa dapat mencari dan memecahkan masalah, sementara guru hanya sebagai motivator dan pembimbing utama.
Walaupun problem solving dapat menunjang kreativitas siswa, motode ini terasa sulit bagi siswa yang tidak mempunyai kemampuan dan tidak kreatif, tetapi sebagai metode yang dapat meningkatkan kreativitas siswa, maka sewajarnya guru menggunakan metode problem solving dalam mengajar.
Di negara-negara maju seperti Inggris, Perancis, Jepang, dan Amerika Serikat, metode problem solving telah lama diterapkan, hasilnya dapat dilihat sendiri, negara-negara yang disebutkan di atas sebagai barometer pendidikan bagi negara berkembang seperti Indonesia.
Pelaksanaan metode problem solving yang dilakukan guru IPS khususnya mata pelajaran Geografi di SMP Negeri 1 Kab.XYZ khususnya belum begitu sempurna, baik yang menyangkut langkah-langkah penggunaan metode problem solving belum menurut teori (literatur). Selain daripada itu dilihat dari nilai ujian sekolah khusus mata pelajaran Geografi masih rendah. Salah satu faktor adalah ada kaitannya dengan cara guru mengajar yang digunakan guru.
Berdasarkan kenyataan ini timbul pertanyaan bagi penulis: “Apakah penggunaan metode problem solving dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan prestasi belajar Geografi pokok bahasan Hidrologi dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Manusia siswa SMP Negeri 1 Kab.XYZ? untuk mendapatkan jawaban yang pasti tentang permasalahan tersebut, maka penulis melakukan penelitian dengan judul :“Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Prestasi belajar Geografi Pokok Bahasan Hidrosfer dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan di SMP Negeri 1 Kab.XYZ”.

1.2  Perumusan Masalah
Bertitik tolak dengan masalah di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah penerapan metode problem solving dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan prestasi belajar Geografi Pokok Bahasan Hidrosfer dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan di SMP Negeri 1 Kab.XYZ?”.

1.3  Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar Geografi khususnya Pokok Bahasan Hidrosfer dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan siswa kelas I dengan menggunakan metode problem solving pada SMP Negeri 1 Kab.XYZ?
   
1.4  Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai pedoman bagi guru dalam meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa belajar Geografi dengan menggunakan metode problem solving di samping metode lainnya dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan aktifitas dan motivasi serta hasil belajar siswa akan meningkat sebagaimana yang diharapkan. Manfaat bagi guru Geografi di SMP Negeri 1 Kab.XYZ khususnya sebagai bahan masukan dalam memahami secara teoritis yang dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan.

1.5  Anggapan Dasar dan Hipotesis Penelitian

Berpijak dari permasalahan yang telah penulis paparkan, maka yang menjadi hipotesis dalam penelitian ini adalah “Siswa yang diajarkan dengan metode problem solving lebih baik prestasinya dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan tanpa metode problem solving “. 

Bila anda berminat untuk mendapatkan file lengkap hubungi kami di HP.085318480701

0 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net