BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pembelajaran bahasa Indonesia terdiri atas kemampuan
berbahasa dan kemampuan bersastra. Kemampuan berbahasa meliputi aspek
mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Sedangkan kemampuan bersastra
terdiri atas aspek mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis yang berkaitan
dengan teks-teks sastra.
Pada prinsipnya bahasa dan sastra Indonesia merupakan sebuah fakta
sosial, sarana komunikasi, dan pendekatan pembelajaran bahasa dan sastra yang
dipergunakan sehingga keduanya saling terkait. Pada satu sisi bahasa Indonesia
merupakan sarana komunikasi, dan sastra merupakan salah satu hasil budaya yang
menggunakan bahasa sebagai alat kreatifitasnya, sedangkan pada sisi lain bahasa
dan sastra Indonesia
sebaiknya diajarkan kepada siswa melalui pendekatan tertentu sesuai dengan
hakikat dan fungsinya. Pendekatan pembelajaran sastra lebih menitikberatkan
apresiasi sastra sehingga pendekatan yang tepat dipergunakan adalah pendekatan
apresiasif.
Salah satu standar kompetensi dalam pelajaran bahasa
Indonesia adalah mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan
dalam berbagai bentuk tulisan sastra, menulis kreatif naskah drama dan menulis
puisi bebas.
Namun dalam kenyataan
sehari-hari, umumnya siswa merasa kesulitan dalam mempraktekkan kemampuan
menulis puisi. Pembelajaran menulis puisi seharusnya menyenangkan malah menjadi
momok yang membosankan baik bagi guru maupun siswa.,
hal ini menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil pencapaian belajar siswa. Dari
hasil ulangan harian siswa SMP khususnya
siswa kelas VIII-C pada pelajaran bahasa Indonesia, dari jumlah siswa sebanyak
35 orang, hanya 15 orang siswa atau 42.9% yang memperoleh ketuntasan belajar.
Sedangkan 20 orang atau 57.1% siswa memperoleh nilai di bawah KKM (Kriteria
Ketuntasan Minimal).
Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam pembelajaran menulis puisi adalah memilih bahan pembelajaran yang disukai
siswa, dan harus lebih mengutamakan prinsip licentia poetica, yaitu
kebebasan siswa dalam menggunakan bahasa. Siswa diberi kesempatan untuk
melanggar atau menyeleweng ketika mereka menulis puisi. Prinsip ini perlu
ditanamkan agar siswa mampu menulis puisi tanpa harus terbebani dengan
memperhatikan kaidah-kaidah berbahasa sehingga hasilnya benar-benar natural,
fleksibel, wajar, dan membumi.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis ingin
melakukan suatu penelitian dengan judul “Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Pelajaran
Bahasa Indonesia Melalui Pembelajaran Berpendekatan
Contextual Teaching and Learning pada Siswa Kelas VIII-C SMP ”.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut
: "Apakah melalui pembelajaran
berpendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII-C dalam menulis
puisi pelajaran Bahasa Indonesia Pada SMP ?"
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas,
maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas
VIII-C dalam menulis puisi pelajaran Bahasa Indonesia melalui pembelajaran
berpendekatan contextual teaching and
learning pada SMP .
D. Manfaat Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
- Sekolah
Dapat memperkaya wawasan dan memberi sumbangan bagi pengembangan ilmu
Pendidikan..
- Guru
a. Berguna bagi pengembangan
profesionalitas guru untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar.
b. Mendorong guru menggunakan model
pembelajaran yang bervariasi dalam
melaksanakan pembelajaran.
c. Memotivasi guru mengembangkan pengetahuan
dan keterampilan.
d. Membantu
guru mengembangkan kreativitasnya dalam menerapkan inovasi pembelajaran
- Siswa
a.
Meningkatkan hasil belajar siswa.
b.
Meningkatnya keaktifan siswa dalam belajar.
c.
Meningkatkan kemampuan dan minat siswa dalam
pembelajaran menulis puisi.
d.
Mengembangkan daya nalarnya secara bebas sesuai dengan
tingkat pengalaman dan pengetahuannya.
e.
Menimbulkan keberanian siswa dalam pembelajaran menulis
puisi.
UNTUK KELANJUTAN BAB BERIKUTNYA ANDA DAPAT MENGHUBUNGI NO.HP. 082367998444, EMAIL yuswardist@yahoo.com
0 komentar:
Posting Komentar