Selasa, 02 September 2014

Contoh PTK Pendidikan Agama Islam Kelas III

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III MATERI MEMBACA KALIMAT DALAM AL-QURAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW PADA SD NEGERI

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan Agama Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan dengan memperhatikan tuntunan untuk menghormati Agama Islam dalam hal hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional.  
Tujuan pendidikan Agama Islam pada Sekolah dasar adalah memberikan kemampuan dasar kepada siswa tentang Agama Islam untuk mengembangkan kehidupan beragama, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT.  
Salah satu materi pokok pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar adalah Al-Qu`ran Hadits. Sebagai kitab petunjuk bagi umat manusia, kandungan yang ada didalam Al Qur’an meliputi segala hal, maksudnya kandungan asas-asas Qur’ani yang mampu memberikan petunjuk tingkah laku manusia. Namun kenyataannya sebagian besar orang cenderung belum bisa membaca Al Qur’an dengan fasih.
Demikian halnya yang terjadi di SD Negeri , umumnya siswa belum mampu membaca kalimat dalam Al-Quran dengan benar, karena belum memiliki pengetahuan dan kurangnya minat belajar siswa dalam pendidikan agama islam khususnya pada materi membaca kalimat dalam Al-Quran.
Hal ini terlihat pada rendahnya hasil ulangan siswa kelas III SD Negeri  pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dari 25 orang siswa, hanya 9 orang atau 36% siswa yang memperoleh ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang atau 64% siswa memperoleh nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

Solusi yang penulis upayakan untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi membaca kalimat dalam Al-Quran diantaranya melalui metode kooperatif learning tipe jigsaw.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis mengadakan penelitian dengan judul “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III Materi Membaca Kalimat Dalam Al-Quran Menggunakan Metode Kooperatif Learning Tipe Jigsaw pada SD Negeri ”.

B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
"Apakah melalui metode kooperatif learning tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III materi membaca kalimat dalam Al-Quran pada SD Negeri ?" 

C.  Tujuan Penelitian
 Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III materi membaca kalimat dalam Al-Quran pada SD Negeri  Kabupaten Pidie.


E.  Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
  1. Sekolah
Menjadi pemotivasi dalam upaya mengembangkan profesionalisme guru terutama dalam mengimplementasikan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang ingin disampaikan.
  1. Guru
a.      Meningkatkan kualitas pembelajaran materi membaca kalimat dalam Al-Quran.
b.     Sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar.
  1. Siswa
a.      Meningkatkan minat dan hasil belajar siswa terutama dalam pembelajaran  materi membaca kalimat dalam Al-Quran.
b.     Meningkatkan kemampuan dalam membaca kalimat dalam Al-Quran.

UNTUK KELANJUTAN BAB BERIKUTNYA ANDA DAPAT MENGHUBUNGI NO.HP. 082367998444, EMAIL yuswardist@yahoo.com







0 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net