UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III MATERI MEMBACA KALIMAT DALAM AL-QURAN MENGGUNAKAN METODE
KOOPERATIF LEARNING TIPE JIGSAW
PADA SD NEGERI
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan Agama Islam adalah usaha sadar untuk
menyiapkan siswa dalam meyakini, memahami, menghayati dan mengamalkan Agama
Islam melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan dengan memperhatikan
tuntunan untuk menghormati Agama Islam dalam hal hubungan kerukunan antar umat
beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasional.
Tujuan pendidikan Agama Islam pada Sekolah dasar
adalah memberikan kemampuan dasar kepada siswa tentang Agama Islam untuk mengembangkan
kehidupan beragama, sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertakwa
kepada Allah SWT.
Salah satu materi pokok pendidikan Agama Islam di
Sekolah Dasar adalah Al-Qu`ran
Hadits. Sebagai kitab petunjuk bagi umat manusia, kandungan yang ada
didalam Al Qur’an meliputi segala hal, maksudnya kandungan asas-asas Qur’ani yang mampu memberikan petunjuk
tingkah laku manusia. Namun kenyataannya sebagian besar orang cenderung belum
bisa membaca Al Qur’an dengan fasih.
Demikian
halnya yang terjadi di SD Negeri , umumnya siswa belum mampu membaca kalimat dalam Al-Quran dengan benar, karena belum memiliki
pengetahuan dan kurangnya minat belajar siswa dalam pendidikan agama islam
khususnya pada materi membaca
kalimat dalam Al-Quran.
Hal ini terlihat pada rendahnya hasil ulangan siswa kelas III SD Negeri pada pelajaran
Pendidikan Agama Islam. Dari 25 orang siswa, hanya 9
orang atau 36% siswa yang
memperoleh ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang atau 64%
siswa memperoleh nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Solusi yang penulis upayakan untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi membaca kalimat dalam Al-Quran diantaranya melalui metode kooperatif learning tipe jigsaw.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis mengadakan penelitian dengan judul “Upaya
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III Materi Membaca Kalimat Dalam Al-Quran Menggunakan Metode Kooperatif Learning Tipe Jigsaw pada SD Negeri ”.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut
:
"Apakah melalui metode kooperatif learning tipe jigsaw
dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas III materi membaca
kalimat dalam Al-Quran pada SD Negeri ?"
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas,
maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III materi membaca kalimat dalam Al-Quran pada
SD Negeri Kabupaten Pidie.
E. Manfaat Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
- Sekolah
Menjadi
pemotivasi dalam upaya mengembangkan profesionalisme guru terutama dalam
mengimplementasikan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang ingin
disampaikan.
- Guru
a. Meningkatkan kualitas pembelajaran materi
membaca kalimat dalam Al-Quran.
b. Sebagai
salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar.
- Siswa
a.
Meningkatkan minat dan hasil belajar siswa terutama dalam
pembelajaran materi membaca kalimat dalam Al-Quran.
b.
Meningkatkan kemampuan dalam membaca kalimat dalam Al-Quran.
UNTUK KELANJUTAN BAB BERIKUTNYA ANDA DAPAT MENGHUBUNGI NO.HP. 082367998444, EMAIL yuswardist@yahoo.com
0 komentar:
Posting Komentar