ANALISIS
TINGKAT PELAYANAN TERHADAP KEPUASAAN NASABAH PT.XYZ
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Dalam era perdagangan
bebas setiap perusahaan menghadapi persaingan yang ketat. Meningkatnya
intensitas persaingan dan jumlah pesaing menuntut perusahaan untuk selalu
memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi harapan
konsumen dengan cara memberikan pelayanan yang lebih memuaskan dari pada yang
dilakukan oleh pesaing. Dengan demikian, hanya perusahaan yang berkualitas yang
dapat bersaing dan menguasai pasar. Dalam kondisi persaingan ketat seperti
ini,hal utama yang harus diprioritaskan oleh perusahaan yang bergerak dalam
bidang pelayanan adalah kepuasan pelanggan agar dapat bertahan, bersaing dan
menguasai pasar. Dengan menyadari bahwa sebenarnya nilai merupakan sintesa dari
sejumlah hal yang diantaranya kualitas dan pelayanan pelanggan.
Kualitas memiliki
hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas memberikan dorongan
kepada pelanggan untuk mejalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan.
Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada
pelanggan. Kepuasan nasabah merupakan respons nasabah terhadap ketidaksesuaian
antara tingkat kepentingan sebelumnya dengan kinerja aktual yang dirasakan
setelah pemakaian. Kepuasan nasabah ditentukan oleh kualitas barang atau jasa
yang dikehendaki nasabah. Sehingga jaminan kualitas menjadi prioritas utama
bagi setiap perusahaan sebagai tolak ukur daya saing perusahaan tersebut.
Persaingan yang ketat
antar perusahaan dewasa ini mendorong setiap perusahaan untuk memberikan
layanan terbaik kepada nasabahnya. Masing-masing perusahaan mempunyai program
yang terus diperbarui. Program tersebut dapat berbentuk layanan-layanan baru
yang semakin memudahkan nasabah, ada pula yang menawarkan program undian
hadiah. Semua itu dimaksudkan untuk sebanyak mungkin menarik masyarakat untuk
menjadi nasabah baru, juga untuk mempertahankan supaya nasabah lama tidak
beralih ke perusahaan lain. Bisnis perbankan merupakan bisnis jasa yang
berdasarkan pada azas kepercayaan sehingga masalah kualitas layanan menjadi
faktor yang amat menentukan dalam keberhasilan usaha.
Salah satu strategi
yang dapat menunjang keberhasilan dalam bisnis perbankan adalah berusaha
menawarkan kualitas jasa dan kualitas pelayanan yang tinggi yang nampak dalam
kinerja yang tinggi dalam performa dari pelayanan yang ada. Dalam menghadapi
persaingan, ada beberapa dimensi kualitas pelayanan yang dapat mempengaruhi
perilaku nasabah
dalam memberikan pelayanan, setidaknya bank harus memenuhi lima kriteria kualitas pelayanan yang sering
disebut RATER sehingga dapat menciptakan nasabah yang loyal, yaitu reabillity
(kehandalan), assurance (jaminan), tangible (bukti fisik),empathy
(komunikasi), dan responsiveness (cepat tanggap), (Tjiptono,
2006:69).
Kehandalan
dapat dilihat dari kemampuan untuk memberikan jasa secara akurat sesuai yang
dijanjikan, jaminan dapat dilihat dari pengetahuan dan kemampuan karyawan untuk
melayani dengan rasa percaya diri, bukti fisik dapat dilihat dari fasilitas
kasat mata yang dapat dinikmati langsung oleh nasabah, komunikasi yaitu
karyawan harus memberikan perhatian secara individu kepada nasabah dan mengerti
kebutuhan nasabah, sedangkan cepat tanggap kemampuan karyawan untuk membantu
nasabah menyediakan jasa dengan cepat sesuai dengan yang diinginkan oleh
nasabah. Salah satu cara menciptakan pelayanan yang berkualitas adalah
perusahaan dapat membedakan dirinya sendiri dengan cara konsisten menyampaikan
mutu lebih tinggi ketimbang pesaingnya
Tabel
1.1
Jumlah
Nasabah Pinjaman Debitur
PT.
PNM (Persero) Tahun 2012
Nama Unit
|
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Juli
|
Agus
tus
|
Septem
ber
|
Okto
ber
|
Novem
ber
|
Desem
ber
|
Upas
|
4
|
3
|
4
|
4
|
2
|
5
|
3
|
2
|
8
|
14
|
16
|
15
|
Ulka
|
0
|
12
|
4
|
2
|
5
|
2
|
4
|
2
|
4
|
15
|
21
|
13
|
Ulsi
|
5
|
5
|
7
|
8
|
6
|
4
|
7
|
8
|
10
|
15
|
13
|
17
|
Ulbi
|
12
|
11
|
6
|
9
|
7
|
11
|
7
|
5
|
12
|
16
|
14
|
16
|
Ulma
|
5
|
9
|
8
|
9
|
6
|
6
|
7
|
6
|
6
|
12
|
11
|
11
|
Mlbh
|
0
|
8
|
6
|
11
|
9
|
2
|
6
|
4
|
7
|
13
|
12
|
17
|
Jumlah
|
Sumber
: PT. XYZ Tahun 2012
Berdasarkan data jumlah
nasabah debitur dari PT. PNM (Persero) Tahun 2012 menunjukan adanya kenaikan
jumlah nasabah pinjaman. Berdasarkan pada uraian latar belakang diatas maka
peneliti akan mengadakan penelitian dengan judul Analisis Tingkat Pelayanan
Terhadap Kepuasaan Nasabah PT.XYZ.
1.2.
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian
dalam tabel 1.1 yang menunjukkan berapa banyak jumlah nasabah debitur yang
terus meningkat dari bulan ke bulan, akan tetapi hal ini juga diiringgi dengan
jumlah nasabah yang terus bertambah. Disebabkan oleh faktor kualitas pelayanan
yang diberikan kurang maksimal oleh penyedia jasa.
Maka dari rumusan
masalah diatas akan menimbulkan pertanyaan penelitian sebagai berikut:
a. Apakah
kualitas pelayanan PT.XYZ berupa wujud fisik (tangibles) mempengaruh
kepuasaan nasabah ?
b. Apakah
kualitas pelayanan PT.XYZ berupa kehandalan (reliabiity) mempengaruh
kepuasaan nasabah ?
c. Apakah
kualitas pelayanan PT.XYZ berupa daya tanggap (responsiveness)
mempengaruh kepuasaan nasabah ?
d. Apakah
kualitas pelayanan PT.XYZ berupa jaminan
(assurance) mempengaruh kepuasaan nasabah ?
e. Apakah
kualitas pelayanan PT.XYZ berupa kepedulian (emphaty) mempengaruh
kepuasaan nasabah ?
1.3.
Tujuan Penelitian
Adapun tujuan yang
hendak dicapai dari penelitian ini adalah sebagai berikut
a. Untuk
menganalisis pengaruh kualitas wujud fisik (tangibles) terhadap kepuasan
nasabah
b. Untuk
menganalisis pengaruh kualitas kehandalan (reliability) terhadap
kepuasan nasabah
c. Untuk
menganalisis pengaruh kualitas daya tanggap (responsiveness) terhadap
kepuasan nasabah
d. Untuk
menganalisis pengaruh kualitas jaminan (assurance) terhadap kepuasan
nasabah
e. Untuk
menganalisis pengaruh kualitas kepedulian (emphaty) terhadap kepuasan
nasabah.
1.4.
Kegunaan Penelitian
Setiap penelitian diharapkan dapat bermanfaat bagi
semua pihak yang membacanya maupun yang terkait secara langsung didalamnya.
Adapun kegunaan penelitian ini adalah agar dapat memberikan bahan informasi
serta evaluasi pengembangan bisnis perbankan yang berhubungan dengan pelayanan
dan kepuasan pelanggan, serta dapat lebih memahami pentingnya layanan dalam
membentuk kepuasan nasabah dalam kerja praktek di dunia perbankan.
1.5.
Sistematika Penulisan
Adapun sistematika penyususan usulan penelitian
adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan
mengenai latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan, manfaat penelitian
dan sistematikan penulisan.
BAB II TINJAUAN
PUSTAKA
Bab ini berisikan
landasan teori dan penelitian yang menjadi acuan dalam penelitian kerangka
pemikiran dan hipotesis.
BAB
III METODE PENELITIAN
Merupakan uraian
mengenai lokasi penelitian, variabel penelitian dan definisi operasional
variabel, penentuan populasi dan sampel, jenis dan sumber data, metode
pengumpulan data serta metode analisis data yang digunakan.
BAB IV HASIL
DAN PEMBAHASAN
Bab ini memaparkan
deskripsi objek penelitian, analisi data, serta pembahasan hasil penelitian.
BAB V PENUTUP
Bab
ini akan menguraikan tentang kesimpulan dan saran yang merupakan penyajian
singkat dari keseluruhan hasil penelitian yang diperoleh.
UNTUK KELANJUTAN BAB BERIKUTNYA ANDA DAPAT MENGHUBUNGI NO.HP. 082367998444, EMAIL yuswardist@yahoo.com
0 komentar:
Posting Komentar