UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR
SISWA KELAS X8 MATA PELAJARAN KIMIA MATERI IKATAN ION DAN IKATAN KOVALEN
MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SAVI PADA SMA NEGERI 1
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Ilmu kimia merupakan ilmu yang diperoleh
dan dikembangkan berdasarkan eksperimen yang mencari jawaban atas pertanyaan
apa,mengapa dan bagaimana gejala alam; khususnya yang berkaitan dengan
komposisi, struktur dan sifat, transformasi dinamika dan energenetika zat yang
melibatkan keterampilan dan penalaran. Ilmu kimia merupakan produk temuan sains
dan proses.Oleh sebab itulah dalam penilaian dan pembelajaran kimia harus
memperhatikan karakteristik ilmu kimia sebagai produk dan proses.
Tetapi banyak orang beranggapan materi
pelajaran eksakta terutama dalam hal ini kimia memiliki tingkat kesulitan yang
lebih tinggi dibanding materi pelajaran non eksak. Anggapan seperti ini tentu
saja perlu disikapi oleh tenaga pendidik dalam upaya meningkatkan penguasaan
siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Selain itu tenaga pendidik harus mencari
ide atau gagasan baru guna meningkatkan mutu pembelajaran yang berkualitas.
Kenyataan bahwa kimia
merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit bagi siswa SMA. Hal ini dialami
oleh siswa SMA Negeri 1 dimana nilai kimia
umumnya rendah, hasil ulangan harian yang didapatkan siswa kelas I SMA Negeri 1, rata-rata hasil ulangan harian
kimia nilainya sangat rendah. Dari jumlah siswa sebanyak 31 orang, hanya 12
orang siswa atau 38,7% yang memperoleh ketuntasan belajar. Sedangkan 19 orang
atau 61,3% siswa memperoleh nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Salah
satu permasalahan yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar kimia
adalah selama ini para siswa umumnya menerima pelajaran kimia dengan metode
ceramah dan diskusi tanpa dikenalkan dengan model pembelajaran yang
menggambarkan proses yang mendekati kenyataan yang sebenarnya. Bertolak dari
sulitnya mengajarkan kimia khususnya pada topik-topik yang abstrak
mendorong penulis untuk mencari alternatif cara mengajar kimia sehingga mampu
menumbuhkan minat siswa untuk belajar kimia. Dengan timbulnya rasa senang
belajar, diharapkan penguasaan siswa terhadap mata pelajaran kimia menjadi
lebih baik. Pada akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran kimia
Dalam penelitian
tindakan kelas ini,
peneliti mencoba mengetengahkan salah
satu bentuk pembelajaran
aktif, kreatif, efektif,
dan menyenangkan. Dalam penyampaian
pembelajaran ini peneliti
menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe SAVI.
Berdasarkan latar
belakang di atas, penulis ingin meningkatkan nilai kimia pada siswa kelas X8 SMA
Negeri 1 melalui penelitian dengan judul
“Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X8 Mata Pelajaran Kimia Materi Ikatan
Ion dan Ikatan Kovalen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
SAVI Pada SMA Negeri 1”.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut
:
"Apakah dengan penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe SAVI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas
X8 mata pelajaran kimia materi ikatan ion dan ikatan kovalen pada SMA Negeri 1?"
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas,
maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas
X8 mata pelajaran kimia materi ikatan ion dan ikatan kovalen melalui penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe SAVI pada SMA Negeri 1.
E. Manfaat Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
- Sekolah
Membantu
memperbaiki proses pembelajaran, khususnya mata pelajaran kimia, sehingga sekolah bisa memfasilitasi
segala keperluan untuk kelancaran proses pembelajaran tersebut.
- Guru
a. Kegiatan
pembelajaran kooperatif tipe SAVI dapat menciptakan situasi belajar mengajar
yang efektif dan efisien (suasana belajar yang kondusif), mengetahui strategi
pembelajaran yang bervariasi dan inovatif serta meningkatkan pemahaman guru
dalam melakukan tindakan kelas. Sebagai upaya untuk mengatasi pembelajaran
yang konvensional, dan pada akhirnya dapat meningkatkan mutu proses belajar
mengajar di kelas.
b. Kegiatan pembelajaran kooperatif tipe SAVI
dapat menciptakan situasi belajar mengajar yang efektif dan efisien (suasana
belajar yang kondusif), mengetahui strategi pembelajaran yang bervariasi dan
inovatif serta meningkatkan pemahaman guru dalam melakukan tindakan kelas
- Siswa
a.
Meningkatkan hasil belajar siswa.
b.
Kegiatan pembelajaran dengan tipe SAVI dapat
meningkatkan motivasi belajar, dan meningkatkan kegairahan belajar, karena bisa
menarik perhatian siswa dengan anggota
kelompoknya yang akan menimbulkan suasana belajar partisipatif dan menjadi
lebih hidup, maka hasil belajarnya pun meningkat
UNTUK KELANJUTAN BAB BERIKUTNYA ANDA DAPAT MENGHUBUNGI NO.HP. 082367998444, EMAIL yuswardist@yahoo.com
0 komentar:
Posting Komentar