PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIDANG BIMBINGAN PRIBADI DAN SOSIAL MATERI MENGATASI STRES DAN DEPRESI SISWA KELAS XI-IPS2 SMA NEGERI 1 DENGAN LAYANAN KELOMPOK
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Sekolah sebagai salah
satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan formal mempunyai peranan yang
amat penting dalam usaha mendewasakan anak dan menjadikannya sebagai anggota
masyarakat yang berguna. Hal ini berarti sekolah turut pula bertanggungjawab
tercapainya suatu tujuan, yang telah ditetapkan.
Perlu dipahami bahwa
masing-masing individu memiliki karakter yang berbeda-beda ada yang memiliki
daya serap yang cepat ada yang sedang ada yang rendah. Karena berbedaan inilah
yang dapat menimbulkan masalah kesulitan belajar sedang siswa yang pandai akan
jenuh apabila proses pembelajaran disamakan dengan yang lambat belajar atau
mengalami kesulitan belajar.
Kenyataan nilai pembelajaran bidang
bimbingan pribadi dan sosial selalu rendah, hasil ulangan harian yang
didapatkan siswa kelas XI SMA Negeri 1, nilai rata - rata memperoleh nilai di bawah KKM
yaitu 59 (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Dengan rendahnya nilai
tersebut berarti siswa mengalami kesulitan belajar yang mendasar. Karena
rendahnya prestasi belajar ini merupakan salah satu indikasi bahwa siswa
mengalami kesulitan belajar yang serius.
Dalam
hal ini, bimbingan di sekolah sangat diperlukan guna membantu siswa dalam
mengatasi permasalahannya, dalam masalah belajar atau masalah pribadi siswa.
Bimbingan siswa harus memiliki prinsip dasar yang kuat sebagai landasan
pelaksanaannya, sehingga layanan kelompok belajar merupakan salah satu program
yang harus dilaksanakan di sekolah.
Layanan kelompok belajar ini diberikan secara khusus oleh guru kepada
siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam bidang pembelajaran ini, agar
mereka dapat mandiri, memiliki kepercayaan diri, sehingga lama kelamaan mereka
akan dapat memecahkan masalahnya sendiri.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis ingin
meningkatkan nilai Bimbingan Konseling pada siswa kelas XI-IPS2 SMA Negeri 1
melalui penelitian dengan judul “Peningkatan
Prestasi Belajar Bidang Bimbingan Pribadi dan Sosial Materi Mengatasi Stres dan
Depresi Siswa Kelas XI-IPS2 SMA Negeri 1 Dengan
Layanan Kelompok”.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut
:
"Apakah dengan
layanan kelompok dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI bidang bimbingan pribadi dan sosial materi mengatasi
stres dan depresi pada SMA Negeri 1?"
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas,
maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas XI bidang bimbingan pribadi dan
sosial mengatasi stres dan depresi dengan layanan kelompok pada SMA
Negeri 1.
E. Manfaat Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
- Sekolah
Memberikan masukan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas
dan hasil belajar siswa serta sebagai sarana pembelajaran untuk meningkatkan
kerjasama dan kreatifitas guru.
- Guru
a. Menemukan
salah satu alternatif dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa.
b. Dengan
menyadari kewajiban dan tanggung jawab dalam membantu perkembangan siswa
melalui kritik diri akan selalu berusaha memperbaiki dan menyempurnakan proses
pembelajaran, bimbingan dan motivasi untuk membantu siswa yang mengalami
kesulitan belajar.
- Siswa
a.
Meningkatkan prestasi belajar siswa.
b.
Dengan menyadari akan kekurangan yang ada pada dirinya,
siswa akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki segala kelemahan dan
kesulitan belajar yang dihadapi melalui bimbingan dan motivasi.
UNTUK KELANJUTAN BAB BERIKUTNYA ANDA DAPAT MENGHUBUNGI NO.HP. 085318480701, EMAIL yuswardist@yahoo.com
0 komentar:
Posting Komentar