PENGARUH CITA RASA DAN PELAYANAN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AYAM PENYET X DI KOTA Y
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Keberhasilan dan kegagalan suatu perusahaan merupakan
kenyataan yang dapat dialami oleh suatu usaha. Dunia usaha berisi dengan
persaingan, peluang, tantangan, kegairahan maupun kelesuan yang dapat
menyebabkan naik turunnya suatu usaha. Oleh karena itu, sudah seharusnyalah
seorang usahawan jeli dalam melihat suatu peluang dan memanfaatkannya, karena
dunia usaha yang penuh tantangan dan kegairahan tidak selalu akan berakhir
dengan membawa suatu kesuksesan. Dalam era globalisasi ini, persaingan tidak
hanya terbatas secara lokal (daerah tertentu) dan nasional saja, namun sudah
secara global, hal ini mengakibatkan semakin banyak variabel-variabel yang
dapat mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis.
Usaha
kuliner yang sudah banyak terdapat di Indonesia adalah restoran atau rumah
makan. Rumah makan yang terdapat di Indonesia menawarkan berbagai variasi
masakan, baik masakan khas Indonesia maupun luar negeri. Dalam melancarkan
usaha rumah makan maka pelaku usaha tersebut harus mengoptimalkan pelayanan, cita rasa
pada setiap makanan dan
kenyamanan, hal ini menjadi salah satu faktor utama
penentu keberhasilan usaha dalam bidang makanan.
Pelayanan harus diperhatikan secara
sungguh-sungguh, situasi dan suasana yang mendukung, pelayanan yang cepat dan
ramah serta mengutamakan pembelian atau pelanggan. Setelah mendapat pelayanan
yang baik maka konsumen membutuhkan atmosfer kenyamanan dimana merupakan efek
emosional dan estetika secara keseluruhan yang dapat dibuat oleh fasilitas fisikal
atau pengalaman semua indera konsumen yang diciptakan oleh toko. Hal ini dapat
dilakukan dengan memberikan rangsangan yang menarik terhadap kelima panca
indera konsumen.
Menu makanan
yang tersedia kadang kala tidak mempunyai bentuk yang menarik meskipun
kandungan gizinya tinggi, dengan arti lain kualitas dari suatu produk makanan
sangat ditentukan oleh tingkat kesukaan kosumen terhadap makanan tersebut.
Umumnya pengolahan makanan selalu berusaha untuk menghasilkan produk yang
berkualitas baik. Kualitas makanan adalah keseluruhan sifat-sifat dari makanan
tersebut yang berpengaruh terhadap konsumen (Wahidah,
2010).
Betapa pentingnya faktor cita rasa dan pelayanan untuk memotivasi dan mendorong konsumen dalam keputusan pembelian
ayam penyet X di kota Y, maka penulis mencoba tertarik untuk mengadakan
penelitian tentang “Pengaruh Cita Rasa dan Pelayanan
Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Penyet X di Kota Y”.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang di atas, maka permasalahan yang akan diteliti yaitu : “Apakah cita rasa dan pelayanan mempunyai
pengaruh terhadap keputusan pembelian ayam penyet X di Kota Y?”
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan
yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh cita rasa dan pelayanan terhadap
keputusan pembelian ayam penyet X di Kota Y.
1.4 Kegunaan Penelitian
Kegunaan penelitian ini
adalah :
a.
Memberikan masukan dan bahan kajian pemilik dalam rangka
merumuskan arah dan kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan cita rasa dan pelayanan di masa yang akan datang.
b.
Menambah wawasan dan pola pikir penulis yang berkaitan dengan cita
rasa dan pelayanan terhadap keputusan
pembelian.
c.
Mengimplementasikan pengetahuan metode penelitian dalam
praktek penulisan karya ilmiah.
KAMI AKAN MEMBANTU ANDA UNTUK KELANJUTAN BAB BERIKUTNYA (LENGKAP DALAM BENTUK Ms.WORD), ANDA DAPAT MENGHUBUNGI NO.HP. 082367998444, EMAIL yuswardist@yahoo.com
0 komentar:
Posting Komentar