Selasa, 02 September 2014

Contoh PTK Matematika Kelas VI

MELALUI MEDIA BANGUN RUANG DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATERI VOLUME PRISMA SEGITIGA DAN TABUNG PELAJARAN MATEMATIKA PADA SD NEGERI 1
BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah
Dalam mewujudkan pembangunan di bidang pendidikan antara lain diperlukan peningkatan sumber daya manusia yang terlibat dalam proses belajar mengajar, dalam hal ini guru dan siswa. Sebagai pendidik guru harus selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam memberikan materi dan pengelolaan belajar mengajar. Sedangkan siswa berusaha memahami materi dengan baik sehingga dapat menyelesaikan tugas dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.
Matematika sebagai ilmu pengetahuan dasar sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dan mampu berkompetisi. Namun kenyataannya matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sukar oleh siswa. Salah satu penyebab kesukaran matematika adalah karakteristik matematika yang abstrak, konseptual, dan prinsipnya berjenjang dan prosedur pengerjaannya yang banyak memanipulasi bentuk-bentuk.
Kenyataan dilapangan juga menyatakan hal yang demikian bahwa pada siswa kelas VI SD Negeri 1 dari jumlah siswa 28 orang, hanya 12 orang atau 42,86% siswa yang memperoleh ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang atau 57,14% siswa memperoleh nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).

Penulis sebagai guru matematika siswa kelas VI SD Negeri 1 merasa berkewajiban untuk mencari solusinya dengan penggunaan media yang sesuai. Media yang dirasa sesuai menjadi solusi permasalahan ini adalah media bangun ruang.
Melalui media bangun ruang materi yang bersifat abstrak dapat menjadi konkret. Siswa akan mengetahui dan melihat komponen – komponen bangun ruang Dengan perantara media inilah siswa dapat membedakan antara sisi pada bangun datar dan sisi pada bangun ruang. Selain itu dengan media siswa dapat melihat secara langsung bentuk bentuk sisi dan sekaligus mengingat kembali tentang volume prisma segitiga dan tabung.
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis mengadakan penelitian dengan judul “Melalui Media Bangun Ruang Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Materi Volume Prisma Segitiga dan Tabung Pelajaran Matematika Pada SD Negeri 1”.

B.  Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
"Apakah melalui media bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI materi volume prisma segitiga dan tabung pelajaran matematika pada SD Negeri 1?" 

C.  Tujuan Penelitian
 Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI materi volume prisma segitiga dan tabung pelajaran matematika melalui media bangun ruang pada SD Negeri 1.

D.        Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
  1. Sekolah
Menjadi pemotivasi dalam upaya mengembangkan profesionalisme guru terutama dalam mengimplementasikan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang ingin disampaikan.
  1. Guru
a.       Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
b.      Mempermudah guru dalam mengembangkan kompetensi yang dimiliki siswa baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik
  1. Siswa
a.       Meningkatkan hasil belajar siswa.
b.      Semakin berkembangnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran  matematika.

UNTUK KELANJUTAN BAB BERIKUTNYA ANDA DAPAT MENGHUBUNGI NO.HP. 082367998444, EMAIL yuswardist@yahoo.com

0 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net