MELALUI MEDIA BANGUN RUANG
DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI MATERI VOLUME PRISMA SEGITIGA
DAN TABUNG PELAJARAN MATEMATIKA PADA SD NEGERI 1
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Dalam mewujudkan pembangunan di bidang
pendidikan antara lain diperlukan peningkatan sumber daya manusia yang terlibat
dalam proses belajar mengajar, dalam hal ini guru dan siswa. Sebagai pendidik
guru harus selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam
memberikan materi dan pengelolaan belajar mengajar. Sedangkan siswa berusaha
memahami materi dengan baik sehingga dapat menyelesaikan tugas dan dapat
menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Matematika merupakan suatu bahan kajian
yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui melalui proses penalaran
deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari
kebenaran sebelumnya sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat
sangat kuat dan jelas.
Matematika sebagai ilmu pengetahuan dasar
sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dan mampu
berkompetisi. Namun
kenyataannya matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sukar
oleh siswa. Salah satu penyebab kesukaran matematika adalah karakteristik
matematika yang abstrak, konseptual, dan prinsipnya berjenjang dan prosedur
pengerjaannya yang banyak memanipulasi bentuk-bentuk.
Kenyataan dilapangan juga menyatakan hal
yang demikian bahwa pada siswa kelas VI SD Negeri 1 dari jumlah siswa 28 orang,
hanya 12 orang atau 42,86% siswa yang memperoleh ketuntasan belajar, sedangkan
16 orang atau 57,14% siswa memperoleh nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal).
Penulis sebagai
guru matematika siswa kelas VI SD Negeri 1 merasa
berkewajiban untuk mencari solusinya dengan penggunaan media yang sesuai. Media yang dirasa sesuai menjadi solusi permasalahan ini
adalah media bangun ruang.
Melalui media
bangun ruang materi yang bersifat abstrak dapat menjadi konkret. Siswa akan
mengetahui dan melihat komponen – komponen bangun ruang Dengan perantara media
inilah siswa dapat membedakan antara sisi pada bangun datar dan sisi pada
bangun ruang. Selain itu dengan media siswa dapat melihat secara langsung
bentuk bentuk sisi dan sekaligus mengingat kembali tentang volume prisma
segitiga dan tabung.
Berdasarkan latar
belakang di atas, penulis mengadakan penelitian dengan judul “Melalui Media
Bangun Ruang Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Materi Volume Prisma
Segitiga dan Tabung Pelajaran Matematika Pada SD Negeri 1”.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut
:
"Apakah melalui media
bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI materi volume
prisma segitiga dan tabung pelajaran matematika pada SD Negeri 1?"
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas,
maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas
VI materi volume prisma segitiga dan tabung pelajaran matematika melalui media
bangun ruang pada SD Negeri 1.
D. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
- Sekolah
Menjadi
pemotivasi dalam upaya mengembangkan profesionalisme guru terutama dalam
mengimplementasikan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang ingin
disampaikan.
- Guru
a. Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
b. Mempermudah guru dalam mengembangkan
kompetensi yang dimiliki siswa baik kognitif, afektif, maupun psikomotorik
- Siswa
a.
Meningkatkan hasil belajar siswa.
b. Semakin berkembangnya minat
dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika.
UNTUK KELANJUTAN BAB BERIKUTNYA ANDA DAPAT MENGHUBUNGI NO.HP. 082367998444, EMAIL yuswardist@yahoo.com
UNTUK KELANJUTAN BAB BERIKUTNYA ANDA DAPAT MENGHUBUNGI NO.HP. 082367998444, EMAIL yuswardist@yahoo.com
0 komentar:
Posting Komentar