PEDOMAN PENYUSUNAN SILABUS, RP, & RPP
A. TUJUAN
Pedoman penyusunan Silabus, RP,
dan RPP ini disusun
dengan maksud untuk dapat membantu
dosen dalam menyusun Silabus, RP, dan RPP bagi setiap
mata kuliah yang diampu, agar pelaksanaan
proses pembelajaran di kelas dapat terlaksana dengan efektif. Pedoman
ini disusun dengan tujuan untuk dapat
mendorong dosen dalam mendesain Silabus, RP, dan RPP sesuai dengan format yang telah ditentukan. Dasar penyusunan Silabus, RP, dan RPP adalah
Spesifikasi Program Studi,
Kompetensi Lulusan, dan Peta Kurikulum.
Dosen perlu didorong
untuk
menyusun Silabus, RP, dan RPP yang
baik mengingat ketersediaan
Silabus, RP, dan RPP dalam proses pembelajaran pada kurikulum berbasis kompetensi sangat penting,
yaitu : (a) sebagai pedoman dosen pengampu dalam memprogram
acara perkuliahannya pada setiap tatap muka dengan mahasiswa, dan (b) sebagai
pedoman
dosen
pengampu dalam menyiapkan bahan
ajar sesuai dengan referensi dan acara perkuliahannya setiap
kali melakukan tatap muka dengan
mahasiswa.
B.
SILABUS
B.1.
KOMPONEN SILABUS terdiri
atas
:
1.
Mata
Kuliah
2.
Kode Mata Kuliah
3.
Semester
4.
SKS
5.
Fakultas
6.
Program Studi
7.
Mata Kuliah
Prasyarat
8.
Standar Kompetensi
9.
Deskripsi Mata Kuliah
10. Pokok
Bahasan
11. Sumber
Pustaka
B.2. CONTOH FORMAT
SILABUS
SILABUS
Mata Kuliah :
------------------------------------
Kode Mata Kuliah :
------------------------------------
Semester : ------------------------------------
SKS :
------------------------------------
Fakultas / Program Studi : ------------------------------------
Mata Kuliah Prasyarat : ------------------------------------
Standar Kompetensi :
------------------------------------
Deskripsi Mata Kuliah :
------------------------------------
Pokok Bahasan : ------------------------------------
Sumber Pustaka : ------------------------------------
C. RENCANA
PEMBELAJARAN ( R P )
C.1 KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN (RP) terdiri atas:
1.
Mata Kuliah
2.
Kode Mata Kuliah
3.
Semester
4.
SKS
5.
Fakultas
6.
Program Studi
7.
Mata Kuliah Prasyarat
8.
Deskripsi Mata Kuliah
9.
Standar Kompetensi
10. Kompetensi Dasar
11. Indikator
12. Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
13. Bentuk Pembelajaran
14. Kriteria Penilaian
15. Estimasi Waktu (
Pertemuan ke & Menit)
16. Sumber Pustaka
D. RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
D.1 KOMPONEN RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN terdiri atas:
1.
Mata Kuliah
2.
Kode Mata Kuliah
3.
Semester
4.
SKS
5.
Fakultas
6.
Program Studi
7.
Waktu Pertemuan
8.
Pertemuan ke
9.
Standar Kompetensi
10. Kompetensi Dasar
11. Indikator
12. Pokok Bahasan dan Sub
Pokok Bahasan
13. Kegiatan Pembelajaran
14. Tahap
15. Aktifitas Dosen
16. Aktifitas Mahasiswa
17. Alat & Media
18. Sumber Pustaka
C2. CONTOH FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN (RP)
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Kuliah : ......................................................
Kode Mata Kuliah : ......................................................
Semester : ......................................................
SKS :
.....................................................
Fakultas / Prodi : .....................................................
Mata Kuliah Prasyarat : .....................................................
Deskripsi Mata Kuliah : .....................................................
Standar Kompetensi :
.....................................................
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pokok
Bahasan dan
Sub
Pokok Bahasan
|
Bentuk Pembelajaran
|
Kriteria
Penilaian
|
Estimasi
Waktu
|
Sumber
Pustaka
|
|
Pertemuan
ke
|
Menit
|
|||||||
D2. CONTOH FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Kuliah : ......................................................
Kode Mata Kuliah : ......................................................
Semester : ......................................................
SKS :
.....................................................
Fakultas / Prodi : .....................................................
Waktu Pertemuan : .....................................................
Pertemuan ke : .....................................................
A. Kompetensi
1. Standar
Kompetensi
2. Kompetensi Dasar
3. Indikator
B. Pokok Bahasan
C. Sub Pokok
Bahasan
D. Kegiatan
Pembelajaran
Tahap
|
Aktifitas
Dosen
|
Aktifitas
Mahasiswa
|
Alat
& Media
|
|
E. Sumber
Pustaka
0 komentar:
Posting Komentar