Selasa, 02 September 2014

PEDOMAN PENYUSUNAN SILABUS, RP, & RPP KURIKULUM 2013



PEDOMAN PENYUSUNAN SILABUS, RP, & RPP

A.        TUJUAN
Pedoman penyusunan Silabus,  RP, dan RPP ini disusun dengan maksud untuk dapat membantu dosen dalam menyusun Silabus, RP, dan  RPP bagi setiap mata kuliah yang diampu, agar pelaksanaan proses pembelajaran di kelas dapat terlaksana dengan efektif. Pedoman  ini   disusun  dengan  tujuan  untuk  dapat  mendorong dosen dalam mendesain Silabus, RP, dan RPP sesuai dengan format yang telah ditentukan. Dasar penyusunan Silabus, RP, dan RPP adalah Spesifikasi  Program Studi, Kompetensi Lulusan, dan Peta Kurikulum.
Dosen  perlu  didorong  untuk  menyusun  Silabus, RP,  dan  RPP yang  baik mengingat ketersediaan Silabus, RP, dan RPP dalam proses pembelajaran pada kurikulum berbasis kompetensi sangat penting, yaitu : (a) sebagai pedoman dosen pengampu dalam memprogram acara perkuliahannya pada setiap tatap muka dengan mahasiswa, dan  (b)  sebagai  pedoman  dosen  pengampu  dalam  menyiapkan bahan ajar sesuai dengan referensi dan acara perkuliahannya setiap kali melakukan tatap muka dengan mahasiswa.


B.          SILABUS

B.1.   KOMPONEN SILABUS terdiri  atas :
1.      Mata Kuliah
2.     Kode Mata Kuliah
3.      Semester
4.      SKS
5.      Fakultas
6.      Program Studi 
7.      Mata  Kuliah  Prasyarat
8.      Standar Kompetensi
9.      Deskripsi Mata Kuliah
10.    Pokok Bahasan
11.    Sumber Pustaka


B.2.  CONTOH FORMAT SILABUS


SILABUS


Mata Kuliah                          :   ------------------------------------

Kode Mata Kuliah               :   ------------------------------------

Semester                              :   ------------------------------------

SKS                                        :   ------------------------------------

Fakultas / Program Studi :   ------------------------------------

Mata Kuliah Prasyarat       :   ------------------------------------

Standar Kompetensi         :   ------------------------------------

Deskripsi Mata Kuliah       :   ------------------------------------

Pokok Bahasan                  :   ------------------------------------

Sumber Pustaka                 :   ------------------------------------



C.  RENCANA  PEMBELAJARAN  ( R P )

C.1   KOMPONEN RENCANA PEMBELAJARAN (RP) terdiri atas:
1.          Mata Kuliah
2.          Kode Mata Kuliah
3.          Semester
4.          SKS
5.          Fakultas
6.          Program Studi
7.          Mata Kuliah Prasyarat
8.          Deskripsi Mata Kuliah
9.          Standar Kompetensi
10.       Kompetensi Dasar
11.       Indikator
12.       Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
13.       Bentuk Pembelajaran
14.       Kriteria Penilaian
15.       Estimasi Waktu ( Pertemuan ke & Menit)
16.       Sumber Pustaka

D.  RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN  ( R P P )

D.1   KOMPONEN RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN terdiri atas:
1.          Mata Kuliah
2.          Kode Mata Kuliah
3.          Semester
4.          SKS
5.          Fakultas
6.          Program Studi
7.          Waktu Pertemuan
8.          Pertemuan ke
9.          Standar Kompetensi
10.       Kompetensi Dasar
11.       Indikator
12.       Pokok Bahasan dan Sub Pokok Bahasan
13.       Kegiatan Pembelajaran
14.       Tahap
15.       Aktifitas Dosen
16.       Aktifitas Mahasiswa
17.       Alat & Media
18.       Sumber Pustaka













C2. CONTOH FORMAT RENCANA PEMBELAJARAN (RP)
RENCANA  PEMBELAJARAN
Mata Kuliah                     :     ......................................................
Kode Mata Kuliah           :     ......................................................
Semester                          :     ......................................................
SKS                                  :     .....................................................
Fakultas / Prodi               :     .....................................................
Mata Kuliah Prasyarat    :     .....................................................
Deskripsi Mata Kuliah    :     .....................................................
Standar Kompetensi                  :     .....................................................      
No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Pokok Bahasan dan
Sub Pokok Bahasan
Bentuk Pembelajaran
Kriteria Penilaian
Estimasi Waktu
Sumber Pustaka
Pertemuan
ke
Menit


































































D2. CONTOH FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA  PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Kuliah                     :     ......................................................
Kode Mata Kuliah           :     ......................................................
Semester                          :     ......................................................
SKS                                  :     .....................................................
Fakultas / Prodi               :     .....................................................
Waktu Pertemuan           :     .....................................................
Pertemuan ke                  :     .....................................................
A.  Kompetensi
      1. Standar Kompetensi
      2.  Kompetensi Dasar
      3.  Indikator
B.  Pokok Bahasan
C.  Sub Pokok Bahasan
D.  Kegiatan Pembelajaran             
Tahap
Aktifitas Dosen
Aktifitas Mahasiswa
Alat & Media













E. Sumber Pustaka

0 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net