PENGARUH STRATEGI PEMASARAN
TERHADAP VOLUME PERMINTAAN PRODUK SOUVENIR (STUDI KASUS PADA PENGRAJIN SOUVENIR DI
)”
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Kesuksesan
dalam pemasaran akan mendapatkan keuntungan bagi setiap bidang usaha, termasuk
usaha kerajinan untuk meningkatkan hasil penjualan. Maka setiap bidang usaha
kerajinan perlu memperluas pemasarannya sehingga usahanya semakin menguntungkan
dan semakin besar. Perkembangan ini mengakibatkan tumbuhnya pengrajin-pengrajin
dengan produk sejenis, sehingga akan meningkatkan persaingan dalam merebutkan
pasar, untuk itu para pengrajin perlu satu cara atau strategi yang tepat, agar
dapat tercapai suatu penjualan. Di dalam persaingan bisnis sangat penting
penetapan strategi pemasaran untuk produknya.
Para
pengrajin yang jenis produknya sama saling mengungguli dan saling mengembangkan
hasil produknya dengan harapan dapat menguasai pasar konsumen. Memperhatikan
kondisi yang kompetitif ini berarti kesempatan atau terobosan untuk menembus
pasar yang semakin luas, maka dari itu setiap produk baru dituntut untuk dapat
menciptakan ide atau konsep pemasaran berupa strategi pemasaran yang tepat guna
mendapatkan tempat dalam pasar konsumen yang ada.
Pemasaran
merupakan fungsi utama keberhasilan para pengrajin dalam memperoleh pendapatan
dari laba dalam penjualan dari produknya, sehingga dapat dikatakan bahwa
kelangsungan hidup para pengrajin tergantung pada kebijakan strategi pemasaran
yang ditetapkan oleh para pengrajin itu sendiri. Selain kebijakan strategi
pemasaran, sumber daya yang dimiliki dikerahkan untuk dapat mencapai sasaran
atau target yang ditentukan oleh manajemen setelah pangsa pasar didapat.
Pengembangan
produk yang bervariasi dengan jaminan mutu kualitasnya, akan membuat harapan
terhadap minat konsumen untuk mengkonsumsinya dalam usaha memenuhi kebutuhan
hidup dari para konsumen. Ketertarikan konsumen terhadap produk yang bervariasi
akan sangat mempengaruhi volume penjualan.
Dengan
menetapkan harga yang tepat maka akan dapat minat dari konsumen untuk membeli
produk tersebut. Harga yang tepat adalah harga yang terjangkau oleh kemampuan
membeli konsumen terhadap produk tersebut sesuai dengan ukuran kualitas produk
tersebut.
Disamping
itu, pemasaran berfungsi untuk mendekatkan jarak antara produsen dan konsumen.
Dengan memproduksi barang dan jasa, pengrajin berusaha untuk meningkatkan
penjualan dengan cara dan strategi yang tepat. Untuk merebut pelanggan sebanyak
mungkin, setiap pengrajin memiliki cara dan strategi yang berbeda.
Bertitik
tolak dari pernyataan tersebut di atas maka penulis merasa tertarik untuk
melakukan penelitian tentang “Pengaruh
Strategi Pemasaran Terhadap Volume Permintaan Produk Souvenir (Studi Kasus pada
Pengrajin Souvenir di )”.
1.1 Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang di atas, maka permasalahan yang akan diteliti yaitu
“bagaimana pengaruh strategi pemasaran
terhadap volume permintaan produk Souvenir (Studi Kasus pada Pengrajin Souvenir di)?”.
1.2 Tujuan Penelitian
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
strategi pemasaran terhadap volume permintaan produk Souvenir (Studi Kasus pada
Pengrajin Souvenir di ).
1.3 Manfaat Penelitian
a. Bagi
pengrajin souvenir di Kota A
Penelitian
ini diharapkan akan menghasilkan informasi yang bermanfaat sebagai masukan dan
pertimbangan untuk mendisiplinkan strategi pemasaran bagi pengrajin kasab dalam
penjualan produk sehari-hari.
b. Bagi
Penulis
Penelitian
ini diharapkan dapat menambah wawasan penulis tentang pentingnya strategi pemasaran.
KAMI AKAN MEMBANTU ANDA UNTUK KELANJUTAN BAB BERIKUTNYA (LENGKAP DALAM BENTUK Ms.WORD), ANDA DAPAT MENGHUBUNGI NO.HP. 082367998444, EMAIL yuswardist@yahoo.com
0 komentar:
Posting Komentar