Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas
IX-2 Dalam Materi Hubungan Manusia Dengan
Bumi Mata
Pelajaran IPS Dengan
Memanfaatkan Media Teka-teki Silang
Pada SMP Negeri XYZ
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengembangan diri,
kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan yang dimiliki dirinya, masyarakat,
bangsa dan negara. Namun demikian sampai saat ini dunia pendidikan kita masih
didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan merupakan seperangkat fakta yang
harus dihafal. Guru adalah ujung
tombak dalam pembelajaran untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Kelas sebagian besar masih berfokus
pada guru sebagai sumber pengetahuan yang utama, dan ceramah menjadi pilihan
utama dalam strategi pembelajaran.
Itulah kenyataan yang dihadapi oleh sebagian besar guru IPS. Materi
pelajarannya yang kompleks, sering dianggap sebagai pelajaran yang mudah tapi
susah, bersifat hafalan dan membosankan, sehingga menyebabkan rendahnya
perhatian dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran. Rendahnya
perhatian siswa pada mata pelajaran IPS, ditambah dengan strategi pembelajaran
yang kurang menarik menyebabkan rendahnya prestasi siswa.
Kondisi yang demikian terjadi pula di SMP Negeri 1 Peukan Pidie.
Hasil belajar siswa kelas IX-2 terhadap mata pelajaran IPS selama ini masih
rendah karena nilai ulangan mereka tidak sampai 60% yang bisa
mencapai nilai KKM. Sementara kegiatan pengajaran dikatakan berhasil
apabila 85% siswa dikelas itu dapat mencapai KKM. Hal itu menandakan bahwa
pembelajaran IPS kurang menarik, karena guru masih
menggunakan menggunakan model pembelajaran yang kurang merangsang siswa untuk
belajar lebih giat, dan proses pembelajaran masih menekankan pada aspek
pengetahuan saja, belum menyentuh pada sikap dan kreatifitas siswa, karena guru
kurang melibatkan siswa agar aktif dalam proses pembelajaran.
Selama ini dalam kegiatan pembelajaran guru masih menggunakan metode
ceramah yang diterapkan secara murni, sehingga siswa merasa tidak pernah
dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran. Siswa seolah-olah hanya diharuskan
untuk menghafal fakta-fakta, sehingga siswa merasa bosan dan kurang berminat
terhadap kegiatan pembelajaran. Keadaan yang demikian ternyata menjadi salah
satu fakta yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa.
Upaya yang diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada
pelajaran IPS ialah dengan menggunakan media pembelajaran
berupa teka-teki silang (TTS).
Teka-Teki Silang adalah suatu permainan dimana kita harus mengisi
ruang-ruang kosong berbentuk kotak putih dengan huruf-huruf yang membentuk
sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Petunjuknya bisa dibagi
kedalam kategori pertanyaan mendatar atau menurun, tergantung pada arah
kata-kata yang harus diisi. Pemilihan
media teka-teki silang cocok
untuk diterapkan pada materi IPS kelas IX-2 semester 2, karena
materi-materi tersebut lingkupnya luas dan bersifat hafalan sehingga tidak
efektif bila dilakukan pembelajaran dengan metode ceramah ataupun diskusi.
Dengan menggunakan media ini diharapkan akan dapat menumbuhkan perhatian siswa terhadap mata pelajaran IPS, karena siswa akan aktif
mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang harus diselesaikan. Partisipasi
aktif siswa dalam proses pembelajaran akan dapat meningkatkan hasil belajarnya
Berdasarkan
latar belakang di atas maka penulis tertarik untuk melakukan
penelitian dengan judul “Meningkatkan Prestasi Belajar
Siswa Kelas IX-2 Dalam Materi Hubungan Manusia Dengan Bumi Mata Pelajaran IPS Dengan
Memanfaatkan Media Teka-teki Silang Pada SMP Negeri XYZ”
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan
uraian di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut
: "Apakah dengan memanfaatkan media teka-teki silang dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas IX-2 dalam materi hubungan manusia dengan bumi mata
pelajaran IPS pada SMP Negeri XYZ?"
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah tersebut di atas,
maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa kelas IX-2 dalam materi hubungan manusia dengan bumi mata pelajaran IPS dengan
memanfaatkan media teka-teki silang pada SMP Negeri XYZ.
D. Manfaat Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
- Sekolah
Menjadi masukan
dalam upaya perbaikan mutu pembelajaran bagi guru terutama dalam
mengimplementasikan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang ingin
disampaikan.
- Guru
a. Meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.
b. Menciptakan suasana pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan bagi siswa.
- Siswa
a.
Meningkatkan prestasi belajar siswa.
b.
Melatih siswa untuk berpartisipasi dan berinteraksi
secara aktif dalam peroses pembelajaran baik antara siswa dengan siswa maupun
siswa dengan guru.
KAMI AKAN MEMBANTU ANDA UNTUK KELANJUTAN BAB BERIKUTNYA (LENGKAP DALAM BENTUK Ms.WORD), ANDA DAPAT MENGHUBUNGI NO.HP. 082367998444, EMAIL yuswardist@yahoo.com
0 komentar:
Posting Komentar