Kamis, 08 Oktober 2015

SKRIPSI BIOLOGI

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI MTSN XYZ DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD)

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Masalah
Dari waktu kewaktu perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi semakin pesat. Arus globalisasi juga semakin hebat. Akibat dari fanomena ini muncul persaingan dalam berbagai bidang kehidupan, diantaranya bidang pendidikan. Untuk menghadapi tantangan berat ini dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu cara yang ditempuh adalah melalui peningkatan mutu pendidikan (Darsono, 2000:1).


Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat dewasa ini menempatkan posisi pendidikan sebagai penentu bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di masa mendatang. Walaupun ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah berkembang dengan pesat, namun masih banyak berbagai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kemasyarakatan ataupun mengenai pendidikan mengalami banyak kekurangan dan kelemahan. Karena itu dipandang perlu adanya penyempurnaan.

Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional antara lain melakukan pengembangan kurikulum, peningkatan mutu tenaga pengajar, pengembangan proses belajar mengajar, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta memberikan pembekkalan dan peningkatan terhadap pemahaman Walaupun ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Upaya tersebut dapat dicapai jika didasari penguasaan terhadap ilmu dasar, salah satunya Biologi.
Sebagaian besar siswa beranggapan bahwa pelajaran Biologi merupakan pelajaran yang sulit dihafal, sehingga siswa malas untuk mempelajarinya. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Selama ini metode ceramah sering digunakan oleh guru sebagai metode pembelajaran dalam pelajaran Biologi, sehingga memberikan kesan yang membosankan siswa karena siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran.
Dalam hal ini selain siswa, guru juga mempunyai peran yang penting dalam sistem pembelajaran terutama peningkatan kualitas belajar pembelajaran. Untuk menarik minat belajar siswa maka guru harus menggunakan metode pembelajaran selain metode pembelajaran ceramah. Dalam hal ini ada banyak metode pembelajaran yang bisa diterapkan pada kurikulum saat ini., misalnya metode pembelajaran Student Team Achievment Division (STAD), Number Head Together dan metode pembelajaran lainnya. Dengan adanya metode-metode tersebut kemungkinan akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Di dalam pembelajaran konsep sistem gerak pada manusia MTsN XYZ sejauh ini masih menggunakan metode ceramah. Maka dari itu penulis mengambil salah satu metode pembelajaran diskusi tipe Student Team Achievment Division (STAD) sebagai metode pembelajaran konsep sistem gerak pada manusia, karena dengan metode pembelajaran ini penulis beranggapan akan meningkatkan daya kemampuan dan penalaran siswa, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Dari uraian di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul : “Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Gerak pada Manusia di MTsN XYZ dengan Menggunakan Metode Diskusi Tipe Student Team Achievment Division (STAD)”.

1.2    Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut : “Bagaimanakah Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam pembelajaran biologi Konsep Sistem Gerak pada Manusia di MTsN XYZ dengan Menggunakan Metode Diskusi Tipe Student Team Achievment Division (STAD)?”.

1.3    Tujuan Penelitian
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam pembelajaran biologi Konsep Sistem Gerak pada Manusia di MTsN XYZ dengan Menggunakan Metode Diskusi Tipe Student Team Achievment Division (STAD).

1.4    Manfaat Penelitian
Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Guru dapat menggunakannya sebagai masukan dalam penggunaan metode metode diskusi tipe STAD pada pembelajaran Biologi konsep sistem gerak pada manusia.
2.      Dengan adanya metode diskusi tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan kualitas layanan pembelajaran di sekolah.
3.      Bagi pihak sekolah dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk peningkatan prestasi belajar.

1.5    Hipotesis
Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi konsep sistem gerak pada manusia di MTsN XYZ dengan Menggunakan Metode Diskusi Tipe Student Team Achievment Division (STAD).

1.6    Organisasi Laporan Penelitian
            Organisasi laporan penelitian ini terdiri dari beberapa bab, yaitu:
BAB I      :   Bab ini adalah bab Pendahuluan, terdiri dari latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, hipotesis, dan organisasi laporan.
BAB II     :   Bab ini adalah bab Landasan Teoritis. yang berisikan mengenai materi-materi atau teori-teori yang digunakan sebagai rujukan dalam penelitian yang dilakukan.
BAB III   :   Bab ini membahas tentang lokasi penelitian dan waktu penelitian, populasi dan sampel, metode pengumpulan data, metode pengolahan data, dan analisa data.
BAB IV   :   Bab ini adalah bab yang berisikan tentang pembahasan hasil penelitian.

BAB V    :   Bab ini merupakan bab penutup yang berisikan kesimpulan dan saran yang berhubungan dengan penelitian. 

Demikianlah semoga bermnafaat bagi anda
Anda ingin memiliki file selengkapnya hubungi kami di HP. 085318480701

0 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net