PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM
PEMBELAJARAN BIOLOGI KONSEP SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI MTSN XYZ DENGAN
MENGGUNAKAN METODE DISKUSI TIPE STUDENT
TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD)
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dari waktu kewaktu
perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi semakin pesat. Arus globalisasi
juga semakin hebat. Akibat dari fanomena ini muncul persaingan dalam berbagai
bidang kehidupan, diantaranya bidang pendidikan. Untuk menghadapi tantangan
berat ini dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu cara yang
ditempuh adalah melalui peningkatan mutu pendidikan (Darsono, 2000:1).
Kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat
dewasa ini menempatkan posisi pendidikan sebagai penentu bagi kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi di masa mendatang. Walaupun ilmu pengetahuan dan
teknologi (IPTEK) telah berkembang dengan pesat, namun masih banyak berbagai
ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kemasyarakatan ataupun mengenai
pendidikan mengalami banyak kekurangan dan kelemahan. Karena itu dipandang
perlu adanya penyempurnaan.
Berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan mutu
pendidikan nasional antara lain melakukan pengembangan kurikulum, peningkatan
mutu tenaga pengajar, pengembangan proses belajar mengajar, menciptakan
lingkungan belajar yang kondusif serta memberikan pembekkalan dan peningkatan
terhadap pemahaman Walaupun ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Upaya
tersebut dapat dicapai jika didasari penguasaan terhadap ilmu dasar, salah
satunya Biologi.
Sebagaian besar siswa beranggapan bahwa pelajaran Biologi merupakan
pelajaran yang sulit dihafal, sehingga siswa malas untuk mempelajarinya. Hal
ini berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Selama ini metode ceramah
sering digunakan oleh guru sebagai metode pembelajaran dalam pelajaran Biologi,
sehingga memberikan kesan yang membosankan siswa karena siswa tidak terlibat
langsung dalam pembelajaran.
Dalam hal ini selain
siswa, guru juga mempunyai peran yang penting dalam sistem pembelajaran
terutama peningkatan kualitas belajar pembelajaran. Untuk menarik minat belajar
siswa maka guru harus menggunakan metode pembelajaran selain metode
pembelajaran ceramah. Dalam hal ini ada banyak metode pembelajaran yang bisa
diterapkan pada kurikulum saat ini., misalnya metode pembelajaran Student
Team Achievment Division (STAD), Number Head Together dan metode pembelajaran lainnya. Dengan adanya
metode-metode tersebut kemungkinan akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Di dalam pembelajaran
konsep sistem gerak pada manusia MTsN XYZ sejauh ini masih menggunakan metode
ceramah. Maka dari itu penulis mengambil salah satu metode pembelajaran diskusi
tipe Student Team Achievment Division (STAD) sebagai
metode pembelajaran konsep sistem gerak pada manusia, karena dengan metode
pembelajaran ini penulis beranggapan akan meningkatkan daya kemampuan dan
penalaran siswa, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Dari uraian di atas
penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul : “Peningkatan
Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Gerak pada
Manusia di MTsN XYZ dengan Menggunakan Metode Diskusi Tipe Student
Team Achievment Division (STAD)”.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka dirumuskan permasalahan
sebagai berikut : “Bagaimanakah Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dalam
pembelajaran biologi Konsep Sistem Gerak pada Manusia di MTsN XYZ dengan
Menggunakan Metode Diskusi Tipe Student Team Achievment Division (STAD)?”.
1.3 Tujuan Penelitian
Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Prestasi
Belajar Siswa dalam pembelajaran biologi Konsep Sistem Gerak pada Manusia di MTsN
XYZ dengan Menggunakan Metode Diskusi Tipe Student Team Achievment Division (STAD).
1.4 Manfaat Penelitian
Adapun manfaat
dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.
Guru dapat menggunakannya sebagai masukan dalam
penggunaan metode metode diskusi tipe STAD pada pembelajaran Biologi konsep
sistem gerak pada manusia.
2.
Dengan adanya metode diskusi tipe Student Team
Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan
kualitas layanan pembelajaran di sekolah.
3.
Bagi pihak sekolah dapat digunakan sebagai bahan
pertimbangan untuk peningkatan prestasi belajar.
1.5 Hipotesis
Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan prestasi
belajar siswa dalam pembelajaran biologi konsep sistem gerak pada manusia di MTsN
XYZ dengan Menggunakan Metode Diskusi Tipe Student Team Achievment Division (STAD).
1.6 Organisasi Laporan Penelitian
Organisasi laporan penelitian ini terdiri dari beberapa bab, yaitu:
BAB I : Bab ini adalah bab Pendahuluan, terdiri dari
latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian,
hipotesis, dan organisasi laporan.
BAB II : Bab ini adalah bab Landasan Teoritis. yang
berisikan mengenai materi-materi atau teori-teori yang digunakan sebagai
rujukan dalam penelitian yang dilakukan.
BAB III : Bab ini membahas tentang lokasi penelitian
dan waktu penelitian, populasi dan sampel, metode pengumpulan data, metode
pengolahan data, dan analisa data.
BAB IV : Bab
ini adalah bab yang berisikan tentang pembahasan hasil penelitian.
BAB V : Bab ini merupakan bab
penutup yang berisikan kesimpulan dan saran yang berhubungan dengan penelitian.
Demikianlah semoga bermnafaat bagi anda
Anda ingin memiliki file selengkapnya hubungi kami di HP. 085318480701
0 komentar:
Posting Komentar