Rabu, 11 Maret 2015

Teh dan Kopi

Teh dan kopi adalah 2 minuman legendaris, di indonesia bahkan di dunia, selepas sarapan pagi, makan siang dan makan malam, umumnya disuguhi dengan salah satu dari 2 minuman ini, tidak nikmat rasanya kalo tidak nge teh ato ngopi.



Bagi karyawan dan pegawai kantoran baik negeri maupun swasta, bagi yang punya kegiatan seminar atau sejenisnya umumnya disediakan waktu untuk coffee break. 

Kandungan dan Manfaat Kopi

Secara umum, terdapat dua jenis biji kopi, yaitu kopi arabika (kualitas terbaik) dan kopi robusta. Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya dan menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia.

Kafein adalah senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan zat kafein yang terdapat pada kopi adalah antara 1 hingga 1,5%.

Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, memacu otak berpikir positif, menghambat penurunan fungsi kognitif, mencegah berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler), mengurangi rasa sakit kepala, dan juga untuk kecantikan.


Kandungan dan Manfaat Minuman Teh

Teh sebagai bahan minuman dibuat dari pucuk muda daun teh yang telah mengalami proses pengolahan seperti pelayuan, oksidasi enzimatis, penggilingan dan pengeringan.

Manfaat yang dihasilkan dari minuman teh adalah memberi rasa segar, dapat memulihkan kesehatan badan dan terbukti tidak menimbulkan efek negatif. Khasiat yang dikandung oleh minuman teh berasal dari senyawa kimia yang terdapat dalam daun teh. Senyawa kimianya terdiri dari empat kelompok besar, yaitu fenol, aromatis dan enzim.

Sekian, semoga bermanfaat.....



0 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net