Senin, 16 Maret 2015

Tokoh Tak Terkenal Dengan Karya Terkenal dan Mengubah Dunia

Menjadi terkenal dengan hasil karya yang mampu mengubah dunia menjadi lebih baik adalah impian semua orang. Berhasil menciptakan sesuatu yang memudahkan orang adalah keinginan yang menjadi dambaan. 
Tetapi tidak dengan beberapa tokoh berikut ini, mereka menjadi penemu tanpa berharap untuk dikenang. Penemuan yang digunakan banyak orang semestinya menjadikan sang penemu ikut terkenal. Kenyataan tidak selalu demikian. Contoh berikut ini jadi bukti, kita sangat familiar dengan hasil ciptaannya tanpa tahu siapa pembuatnya. 

1. Jack Kilby dan Robert Noyce

Kilby dan Noyce adalah orang yang menemukan sirkuit terintegrasi tunggal (Sirkuit Gabungan) pada tahun 1959, dan tentu saja ini merupakan lompatan besar bagi dunia komputer. Dengan kata lain, merekalah yang menemukan microchip. Sebagai tambahan, Noyce juga adalah yang mendirikan Intel dan Kilby adalah orang yang pertama membuat kalkulator personal.




Robert Noyce aktif di sepanjang hidupnya, menyenangi membaca Hemingway, menerbangkan pesawat pribadinya, dan juga melakukan scuba diving. Robert Noyce percaya bahwa microelektronik akan terus berkembang dalam kompleksitas dan penyempurnaanya jauh dari kondisi pada saat ini, berujung pada pertanyaan bagaimanakah masyarakat akan menggunakan teknologi tersebut. Pada wawancara terakhirnya, Robert Noyce ditanya, apakah yang akan ia lakukan jika ia adalah "kaisar" dari Amerika Serikat. Dia mengatakan bahwa ia akan, sebagai salah satu dari hal-hal lainnya, "…memastikan bahwa generasi berikut kita untuk berhasil dalam zaman high-tech. Artinya pendidikan bagi mereka di tingkat bawah dan bagi mereka yang berada dalam kemiskinan, seperti juga pada level graduate school. (www.wikipedia.org)


2. Gregory Pincus, M. C. Chang, dan John Rock

Pada tahun 1953, Pincus dan rekan kerjanya Min-Chueh Chang menemukan hormon yang dapat menghambat ovulasi pada hewan. Pekerjaan yang sama ternyata juga dilakukan oleh Dr. John Rock di Harvard, dan ia bersama Picus bekerjasama agar penemuan mereka ini dapat dicoba pada manusia pada tahun 1956. Pada tahun 1960 US Food and Drug Administration menyetujui Enovid, pil kontrasepsi pertama




Pil itu punya dua segi arti penting. Di dunia yang kelabakan melihat bahaya pesatnya tingkat pertumbuhan penduduk, pil itu berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan. Walaupun tidak langsung, tetapi tidak kurang revolusionernya, pil itu punya akibat dalam hal perubahan hasrat seksual. Sudahlah diketahui secara meluas bahwa lebih dari lima belas tahun atau sekitar masa itu, telah terjadi "revolusi" dalam sikap hubungan kelamin di Negeri Adidaya Amerika Serikat.

3. Malcolm McLean
Tentu saja lebih efisien jika kita menggunakan derek di dermaga untuk mengangkut / memindahkan trailer-treiler dari truk ke kapal, daripada menggunakan peti kemas dengan membongkar dan membentuk lagi. Lalu siapa dibalik semua ini ?
Malcolm McLean adalah dalangnya. Ialah yang menemukan Kontainer Kapal yang kita kenal sekarang ini. BIsa dibayangkan berapa uang dan waktu yang disimpan dengan penemuannya ini. Ini tentu saja berdampak pada pertumbuhan ekonomi




4. Tim Barnes Lee
Kalau yang ini pasti anak IT tahu. Ya, beliau adalah orang yang mendesain, membangun dan menggunakan pertama kali World Wide Web (WWW) di tahun 1989. Bisa kita lihat sekarang begitu besar pengaruh www ini pada kehidupan kita sekarang.




World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet. WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. (www.wikipedia.org)

5. Paul Lauterbur dan Peter Mansfield
Mereka adalah orang yang menemukan Magnetic Resonance Imaging (MRIs). Tanpa penemuan mereka bagaimana dokter dapat mendiagnosa cedera dalam tubuh kita ? Tentu saja penemuan ini merupakan lompatan besar di dunia kedokteran..



Pencitraan resonansi magnetik (bahasa Inggris: Magnetic Resonance Imaging, MRI) ialah gambaran pencitraan bagian badan yang diambil dengan menggunakan daya magnet yang kuat mengelilingi anggota badan tersebut. Berbeda dengan "CT scan", MRI tidak menggunakan radiasi Sinar-X dan cocok untuk mendeteksi Jaringan Lunak, misalnya Kista ataupun Tumor yang masih sedikit, tetapi pencitraan dengan MRI lebih mahal daripada menggunakan CT scan.

Magnetic Resonance Imaging (MRI) merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menghasilkan gambar organ dalam pada organisme hidup dan juga untuk menemukan jumlah kandungan air dalam struktur geologi. Biasa digunakan untuk menggambarkan secara patologi atau perubahan fisiologi otot hidup dan juga memperkirakan ketelusan batu kepada hidrokarbon. (www.wikipedia.org)

Demikian, semoga menjadi informasi yang bermanfaat !!!!

0 komentar:

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net